Total Tayangan Halaman

Senin, 05 April 2010

Batik Indonesia

Ayo batik indonesia! sebagai anak indonesia kita pasti tau batik dong, di sini saya mau nulis tentang sejarah batik punya kita. Silahkan membaca blog pertama saya

Sejarahnya

Waktu dulu batik tuh biasanya berbentuk hewan atau tanaman, tapi seiring berjalannya waktu batik jadi memiliki pola-pola yang khas seperti awan, relief, wayang, candi dll. Batiik ga cuma di Indonesia aja, di negara lain seperti malaysia dan singapore juga punya batik tersendiri.
sejarah pembatikan di indonesia berkaitan dengan keerajaan majapahit dan kerajaan sesudahnya seperti mataram, solo, dan yogya.

Tadinya batik di pake sama orang-orang dalem kerajaan, tetapi karena banyak pengikut raja di luar keraton maka kesenian ini di bawa oleh mereka ke luar keraton dan menjadi pakaian yang populer, tapi kenapa ya sekarang banyak orang yang lebih suka pakaian negara luar di bandingkan dengan batik, wah kita harus selidiki tuh, tapi saya ga akan ngebahas itu sekarang, lain kali aja ya...
meluasnya batik menjadi milik indonesia ini (terutama suku jawa) pada akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ada batik tulis pada abad ke-XX dan batik cap baru di kenal setelah perang dunia ke-1 sekitar tahun 1920, da sekarang menjadi pakaian tradisional indonesia kita tercinta ini.

ini salah satu contoh batik kita dari pekalongan;



mungkin untuk saat ini segini dulu dari saya, bulan depan saya tambah lagi

1 komentar:

gusto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar